Indonesia: ‘Timur Tengah’nya Panas Bumi


Fasilitas PLTB Dieng
Cadangan minyak dunia sebanyak 70% berada di kawasan Timur Tengah. Ini membuat kita berpikir betapa mereka sangat beruntung karena alam begitu bermurah hati pada manusia di sana.

Tapi tahukah anda bahwa Indonesia memiliki cadangan energi yang tidak kalah dahsyat dan jumlahnya melimpah? Ditambah pula, sumber cadangan energi ini dapat diperbaharui dan tidak akan pernah habis.

Panas bumi. Ya, Indonesia merupakan negara dengan potensi panas bumi/geothermal terbesar di dunia. Total potensi energi yang dapat dihasilkan sebesar 27 GWe. Hingga tahun 2004, sebanyak 252 titik sumber panas bumi telah teridentifikasi. Sumber panas bumi ini tersebar mengikuti jalur gunug api mulai dari Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, Sulawesi, hingga Maluku.


Kita baru memanfaatkan 3% saja dari total potensi panas bumi yang tersedia melalui Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTB). PLTB tersebar antara lain di Jawa Barat (Gunung Salak 330 MWe, Wayang Windu 110 MWe, Kamojang 140 Mwe, dan Darajat 145 MWe), Jawa Tengah (Dieng 60 MWe), Sumatra Utara (Sibayak 2 MWe) dan Sulawesi Utara (Lahendong 20 MWe).   

Dieng, Medio 2009
Ke depan diharapkan potensi yang mahadahsyat ini bisa dimanfaatkan lebih maksimal lagi untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. Apalagi sejak 2004 lalu konsumsi minyak kita sudah melebihi kapasitas produksi dalam negeri sebagai akibat dari pertumbuhan ekonomi. 

0 comments:

Post a Comment