Pulau Harapan: Permata di Utara Kepulauan Seribu


Terumbu Karang di P Harapan

Tahukah anda tidak banyak dari pulau-pulau di gugusan Kepulauan Seribu yang banyak dikunjungi wisatawan? Para wisatawan biasanya mengunjungi pulau yang memang sudah ‘populer’ yang biasa ditawarkan oleh agen perjalanan wisata.

Salah satu pulau yang seolah luput dari perhatian para pelancong adalah Pulau Harapan. Padahal, pulau yang terletak di bagian utara gugus Kepulauan Seribu ini menyimpan pesona dan daya tarik yang tidak kalah dibandingkan pulau-pulau lain yang sudah lebih dulu populer. 


Surga Itu Tidak Jauh
Suasana di Pulau Kayu Angin
tidak jauh dari P. Harapan
Dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam anda dapat mencapai Pulau Harapan dan menyinggahi surga itu. Perjalanan menuju pulau sudah merupakan pengalaman tersendiri. Angin laut dan suasana bahari yang kental menggugah jiwa petualangan dan anda akan tersenyum dengan kenyataan bahwa anda tidak perlu jauh-jauh dari Jakarta untuk merasakan pengalaman seperti ini. Melihat potensi yang ada, pariwisata merupakan masa depan perekonomian Pulau Harapan. Tetapi untuk saat ini, pariwisata di Pulau Harapan belum mendapatkan perhatian serius dan belum digarap dengan baik. Hal ini terlihat dari jumlah kunjungan yang masih kalah dibandingkan dengan pulau lain di kepulauan seribu  yang sudah lama dijadikan destinasi wisata seperti Pulau Pramuka dan Pulau Tidung misalnya. Padahal, potensi wisata Pulau Harapan tidak kalah menarik dan sangat potensial. 

Menyelam di Sekitar P Harapan. Courtesy CEDEP 2012
Beberapa waktu belakangan terutama sejak tahun 2005, geliat pariwisata di Pulau Harapan mulai menggembirakan. Pulau Harapan mulai dilirik terutama oleh wisatawan lokal. Ini didukung pula oleh fasilitas penunjang berupa sarana dan prasarana pariwisata yang mulai membaik. Saat ini sudah mulai hadir beberapa tempat penginapan dan home stay, beberapa warung yang menyediakan menu makanan, dan tempat penyewaan peralatan snorkling. Tersedia juga kapal kecil yang siap sedia menjelajahi pulau. Semua fasilitas ini diharapkan menjadi pendorong kemajuan pariwisata di Pulau Harapan ke depan. 

Mangrove

Mangrove di P. Harapan

Pulau Harapan menjadi salah satu wilayah konservasi Mangrove di kawasan Kepulauan Seribu. Sejak lima tahun terakhir konservasi mangrove dilakukan secara partisipatif melibatkan warga masyarakat. Saat ini hampir di setiap RT terdapat tempat pembudidayaan mangrove.


0 comments:

Post a Comment